Senin, 27 April 2015

TEMU LAPANG

ACARA PANEN PADI GOGO 
KELOMPOK TANI LANDEAN BERDIKARI
DESA BILOK PETUNG, KECAMATAN SEMBALUN, KABUPATEN LOMBOK TIMUR – NTB

Panen Padi Gogo (Padi Ladang) di lereng perbukitan pada wilayah Kelompok Tani Landean Berdikari, Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun diselenggarakan baru - baru ini kamis, 17 April 2015, multi varian tanaman padi unggul baru dilbudidayakan dari tahun ke tahun oleh anggota kelompok tani meliputi varietas Ciherang, Cigelis, Situbagendit dan Padi Lokal (padi bulu) merupakan plasma nutfah daerah setempat ditumpang sari dengan tanaman pangan lainnya seperti Singkong, Jagung, Kacang – kacangan dll. Dalam ubinan yang dilakukan capaian produksi yang diperoleh oleh anggota kelompok tani rata - rata  4 ton per hektar, dengan luasan hamparan tanaman 70 haktar.
Pada acara itu, hadir beberapa Pimpinan Instansi SKPD Rumpun Hijau Kabupaten Lombok Timur (Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan dan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan), Unsur Muspika Kecamatan Sembalun (Camat, Komandan Rayon Militer 10, Kepala Kepolisian Sektor, Kepala Unit Pertanian dan Penyuluhan), PPL, Babinsa, Babinkantibmas, Pemdes dan anggota kelompok tani.
Dalam sambutannya Camat Sembalun Usman, S.Sos. menginatkan bahwa peran petugas penyuluh memiliki penting dalam memberikan bimbingan tentang teknik dan budidaya tanaman dari pengolahan tanah hingga pemasran hasil harus terus dilaksanakan dengan semaksimal mungkin, sehingga capain produksi dapat ditingkatkan sesuai target pemerintah.  
Sementara itu Kepala Badan Pelaksnana Penyuluhan yang diwakili oleh Sekretaris Badan Mutawalli, S.P. M.Si. memberikan sambutan bahwa keberhasilan program pertanian, perikanan dan kehutanan adalah bermuara pada kegiatan penyuluhan, peran penyuluh merupakan kunci strategis dalam pelaksanaan program nasional dalam mengkawal program upsus (upaya khusus) swasembada padi jagung dan kedelai sehingga terwujudnya kedaulatan pangan nasional pada tahun 2017. Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura H. Badaruddin, S.P. mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Timur dalam sambutannya menjanjikan bahwa kedepan akan mencoba memfasilitasi kegitanan budidaya padi gogo tersebut melalui pengembangan padi organik melalui gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu dan sambutan terakhir Komandan Rayon Militar Wilayah 10 Sembalun mengajak aparat babinsa untuk tetap berkoordinasi bersama PPL pada wilayah desa untuk mendukung program Upsus pajale sehingga dapat terwujudnya percepatan swasembada. (arman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar