Jumat, 15 Mei 2015

KEGIATAN LAPANG

Pembangunan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) untuk Kelancaran Irigasi Pertanian di Kecamatan Sembalun

Kelompok Tani Urat Kemitan
Air merupakan salah satu faktor penentu dalam proses produksi pertanian. Oleh karena itu investasi irigasi menjadi sangat penting dan strategis dalam penyediaan air untuk pertanian.
Dalam memenuhi kebutuhan air untuk berbagai keperluan usaha tani, maka air harus diberikan dalam jumlah, waktu dan mutu yang tepat. Jika tidak, maka tanaman akan terganggu pertumbuhannya.
Pemberian air dari hulu sampai hilir, memerlukan sarana dan prasaranan irigasi yang memadai. Sarana dan prasarana itu bisa berupa bendungan, saluran primer, saluran skunder, saluran tertier, bax bagi, bangunan - bangunan ukur, dan jaringan irigasi tingkat usaha tani.
Kelompok Tani Urat Kemitan
Keberhasilan swasembada beras tidak terlepas dari peran besar pengembangan sarana irigasi baik ekstensif maupun intensif. Untuk itu, Pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Timur berupaya meningkatkan sarana dan prasarana pertanian berupa pembangunan jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT) di Kecamatan Sembalun. Dengan meluncurkan dana bantuan sosial berupa uang dalam rangka pengembangan jaringan irigasi mendukung tanaman pangan yang berasal dari dana APBN.
Tujuan untuk meningkatkan kinerja jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT) untuk dapat meningkatkan fungsi layanan irigasi. Meningkatkan perluasan areal tanam, indek pertanaman dan produktivitas. Serta, membangun rasa memiliki terhadap jaringan irigasi yang telah direhabilitasi.
Kelompok Tani Urat Kemitan
Tahun 2015, ada 5 desa yang mendapat bantuan Jitut di Kecamatan Sembalun meliputi Desa Sembalun Bumbung, Sembalun Lawang, Sembalun Timba Gading, Sembalun dan Sajang. (arman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar